Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 Kita Kerja Bersama Untuk Kecamatan Sampung Tercinta

Semarak dan gelora Proklamasi 17 Agustus 1945 secara serentak di seluruh antero Nusantara, namun tidak mungkin bersamaan waktu lantaran di Indonesia terbagi dalam 3  Zona Waktu yang masing-masing terpaut satu jam yakni Waktu Indonesia Timur, Waktu Indonesia Tengah Dan Indonesia Barat  yang kesemuanya memiliki tujuan yang satu yakni membangkitkan kembali semangat kebangsaan bagi kita bangsa Indonesia. Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo pada perayaan menyambut Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia Tahun 2017 dilaksanakan secara khitmat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Sujud Syukur

Sujud Syukur merupakan rangkaian kegiatan memperingati Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia di wilayah Kecamatan Sampung, kegiatan ini untuk tingkat Kecamatan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 1945 dimulai pukul 17.00 sampai dengan pukul 19.00 dengan urutan kegiatan, pengantar acara disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sampung dilanjutkan dengan sambutan tunggal dari Camat Sampung ” Drs. Fadhlal, M.Si “. Dalam sambutan singkat tersebut Camat mengingatkan kepada peserta sujud syukur yang diikuti oleh Kepala Satuan Kerja Tingkat Kecamatan, Kepala Desa se Kecamatan Sampung, Organisasi Kemasyarakatan tingkat Kecamatan, Tokoh Agama dan Veteran Kecamatan Sampung, bahwa pada tanggal 16 Agustus 1945  dini hari sekitar pukul 03.00 tokoh muda berinisiatif untuk mengasingkan Ir Sukarno dan Drs Moch Hatta ke Rengas Dengklok  dengan suatu harapan agar beliau tidak terpengaruh oleh propaganda Jepang, karena secara defakto saat itu Jepang telah menyerah kalah dari sekutu namun tidak dipublikasikan di Indonesia.
Setelah sambutan tunggal, maka dilanjutkan sholat magrib berjama’ah yang dilanjutkan dengan sholat hajat dua rokaan kemudian sujud syukur dan diakhiri dengan tumpengan.
Pengukuhan Anggota Paskibra
Untuk memupuk semangat kebangsaan dan memberikan motivasi kepada para Calon Pengibar Bendera pada saat peringatan Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke 72  tahun 2017 Republik INdonesia, maka diadakan Pengukuhan yang dilaksanakan pada Pukul 19.30 s/d. Pukul 21.00 tanggal 16 Agustus 2017 bertempat di Pendopo Kecamatan Sampung, Camat Sampung bertindak sebagai Pembina Upacara  dengan rangkaian kegiatan Laporan dari Komandan Upacara, Pengucapan janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan UUD 1945  dilanjutkan dengan penghormatan kepada bendera dan mencium bendera merah putih secara berurutan seluruh anggota Paskibra sejumlah 75 Orang  Selanjutnya Camat Sampung sebagai Pembina Upacara memberikan sambutan singkat mengingatkan kepada para anggota Paskibra, bahwa saat ini kalian mendapatkan amanah dari negara dan masyarakat untuk terlibat dalam upacara memperingati Detik detik Proklamasi dan  17 Agustus 1945 dan penurunan bendere yang dilaksanakan besok pagi dan sore hari. Semoga ini menjadi catatan sejarah kehidupan kalian dan tak akan pernah terlupakan.
Upacara Detik-detik Proklamasi
Upacara memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia di Wilayah Kecamatan sampung dilaksanakan pada pukul 08.00 Wib bertempat di Lapangan Desa Sampung dan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Camat Sampung. Upacara ini diikuti lebih dari 1000 peserta dan 200 undangan dan kegiatan berlangsung khitmat, lancar aman mulai awal hingga akhir kegiatan, selanjutnya setelah upacara selesai, peserta dan undangan berkesempatan menyaksikan penampilan du group drum Band dari TK Dharmawanita dan dari SDN  4 Sampung, kemudian setelah selesai dilanjutkan dengan Resepsi Kenegaraan.
Resepsi Kenegaraan
Upacara Resepsi Kenegaraan, merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan oleh Panitia HUT ke 72 Republik Indonesia Kecamatan Sampung pada tahun 2017 ini, Resepsi Kenegaraan ini diikuti oleh seluruh Kepala UPT Dinas, Kepala Desa se Kecamatan Sampung Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat, Ketua Organisasi Kemasyarakatan dan Anggota Paskibra serta Paduan Suara dari SMPN 3 Sampung. Dalam Acara Resepsi Kenegaraan tersebut. Camat Sampung sebelum memberikan sambutan, terledahulu membacakan Sambutan  Bupati Ponorogo Bapak Drs H  Ipong Muhlisoni.
Selanjutnya Camat memberikan sambutan dengan terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada semua komponen masyarakat Sampung yang telah mendukung kegiatan perayaan menyambut Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Ke 72 Republik Indonesia Tahun 2017, dan beliau juga mengingatkan kepada seluruh undangan bahwa, dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun Camat bertugas di Kecamatan Sampung belum mampu memberikan sumbangsih terbaik untuk kesejahteraan masyarakat, Namun setidaknya  Kecamatan Sampung mampu menempatkan diri pada posisi Juara Pertama untuk Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Pada Tahun 2017.
Begitu pula Kecamatan Sampung yang memiki potensi yang luar biasa ini dapat dijadikan modal dasar dalam rangka bangkit untuk mensejajarkan diri dengan kecamatan – kecamatan yang lain semoga kedepan Kecamatan Sampung menjadi Kecamatan yang senantiasa mampu mengukit prestasi baik di tingkat Kabupaten Provinsi maupun Nasional.
Upacara Penurunan Bendera
Setelah pagi hari Bendera Merah Putih dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Kecamatan Sampung, maka pada Pukul 15.30 Wib dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera  yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Komandan Koramil Sampung  Kapten Iskandar. Upacara berlangsung Khitmat dan diikuti oleh 750 peserta dan 150 Undangan.