Donor Darah

Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Ponorogo bekerjasama dengan Kantor Kecamatan Sampung menyelenggarakan Donor Darah di Pendopo Kecamatan Sampung, Selasa, 21 Maret 2017. Kegiatan ini diikuti oleh Desa, Dinas Instansi di wilayah Kecamatan Sampung dan warga masyarakat di wilayah Kecamatan Sampung yang ingin menyumbangkan/mendonorkan darahnya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PMI Cabang Ponorogo, keliling di tiap kecamatan di seluruh wilayah Ponorogo.

Tujuan diadakannya kegiatan Donor Darah keliling ini adalah untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat di wilayah Ponorogo pada kegiatan Donor Darah sehingga stok darah yang ada di PMI Cabang Ponorogo akan selalu ada dan terpenuhi. Selain itu kegiatan ini juga untuk memasyarakatkan Donor Darah dikarenakan banyak sekali manfaat Donor Darah bagi kita semua. Dengan melakukan donor darah, kita memberikan sedikit darah dari dalam tubuh agar dapat dimanfaatkan guna membantu orang lain. Sekitar 480 ml darah diambil dari dalam tubuh ketika kamu melakukan donor darah. Setelah diperiksa dan diuji keamanan serta kelaikannnya, darah tersebut kemudian akan diberikan kepada pasien yang membutuhkan.

Donor darah tidak hanya memberikan manfaat kepada para penerima darah, tetapi juga kepada para pemberinya. Berikut beberapa manfaat donor darah :

Menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar

Manfaat donor darah yang pertama adalah membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Dan menurut seorang dokter, mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindari dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kita rentan terkena penyakit jantung.

Meningkatkan produksi sel darah merah

Manfaat donor darah selanjutnya adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Sekalian cek kesehatan

Sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin kamu akan diperiksa. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah kamu akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani 13 tes yang berbeda. Jika ada yang salah dengan darahmu , kamu pasti akan segera diberitahu. Selain berbuat mulia, kamu juga bisa mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

Memperpanjang usia

Ternyata, manfaat donor darah tidak hanya memberikan kesehatan fisik, batin kita pun menerima manfaatnya. Berbuat baik membuat kita hidup lebih lama. Menurut satu penelitian, umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri akan bertambah empat tahun.

Membantu menyelamatkan nyawa

Banyak nyawa bisa diselamatkan dan banyak harapan bisa diberikan dengan melakukan donor darah. Darah yang telah didonorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, atau bahkan bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu.

Tunggu apa lagi, ayo donor darah, hubungi PMI terdekat. (slh)

One thought on “Donor Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *