Peringati HUT RI, Kecamatan Sampung gelar Lomba Gerak Jalan “UNIK”

  Panitia Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 72 Kecamatan Sampung menyelenggarakan lomba gerak jalan unik dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke 72, Rabu, 16 Agustus 2017. Lomba ini diikuti oleh seluruh instansi se kecamatan sampung serta kelompok masyarakat yang hadir dari berbagai wilayah se Kecamatan Sampung. Setidaknya lebih dari 100 regu yang masing-masing regu terdiri 7 orang anggota dengan menampilkan keunikan masing-masing.

Mengambil start di pintu masuk Objek Wisata Goa Lowo, nampak para peserta berjajar rapi menunggu antrian nomor dari panitia. Kemudian setalah tiba gilirannya, peserta akan diberangkatkan dari titik start menyusuri Jalan Sampung Raya menuju titik finish yang ada di depan Pendopo Kecamatan Sampung. Di sepanjang jalur yang dilalui terdapat beberapa titik penjurian. Dengan bantuan pihak keamanan yaitu dari Polsek Sampung dibantu Koramil sehingga acara dapat berjalan dengan lancar tanpa mengalihkan arus lalu lintas.

Penonton yang merupakan warga sekitaran jalur yang dilalui nampak sangat antusias menyaksikan hiburan gratis yang biasanya belum tentu ada jika tidak pada momen lomba agustusan ini. Selain dari warga sekitar nampak pengguna jalan yang kebetulan melintas menyempatkan diri berhenti hanya untuk melihat kegiatan gerak jalan unik yang mungkin belum ada di wilayahnya. Para peserta yang sudah diberangkatkan panitia pun sangat bersemangat karena nampaknya mereka ini yang ditunggu para penonton. Ada yang mengandalkan kemampuan berbusana, ada yang menampilkan kenylenehan berbusana ada pula yang memadukan unsur tradisional dengan modern, adapula penampilan yang tidak lazim lantaran lak-laki berdandan ala perempuan dengan penampilan genit, dan masih banyak lagi ragam yang ditampilkan.

Jarak yang lumayan jauh pun tak terasa bagi mereka. Panas terik mataharipun tidak mereka hiraukan. Bagi mereka perjuangan para pahlawan jelas lebih berat dari ini. Yang terpenting ikut memeriahkan dan masyarakat terhibur. Camat Sampung Drs.H.Fadhlal, M.Si mengapresiasi Lomba Gerak Jalan Unik yang diselenggarakan Panitia HUT ini. Beliau menyampaikan kegiatan ini merupakan embrio dari sebuah pentas yang dapat digelar secara kolosal dan bergerak dari tempat pinggiran menuju pusat kota, dengan kata lain melihat antusiasme peserta maka tidak menutup kemungkinan dimasa yang akan datang dapat digelar parade budaya yang diikuti oleh segenap potensi masyarakat, tentu ini senafas dengan apa yang  telah tertuang dalam RPJMDes masing-masing desa, serta Restra masing-masing Organisasi Perangkat Daerah. Untuk itu tugas kita kedepan adalah bagaimana menjadi fasilitator yang baik yang mampu menampung aspirasi dan potensi masyarakat untuk dituangkan dalam satu paket kegiatan yang berdampak penguatan ekonomi bernuansa budaya.

Tidak ketinggalan, Kantor Kecamatan Sampung pun mengikuti kegiatan ini. Bahkan Camat Sampung sendiri yang memimpin, dengan anggota Sekretaris Camat, seluruh Kasi dan staf. Di tingkat Desa pun Kepala Desa memimpin langsung regunya. Lomba akhirnya berakhir sekitar pukul 11.00 WIB. Ketua Panitia HUT Kecamatan Sampung yang juga Sekretaris Kecamatan Sampung Hadi Rustiyono, S.STP., MM mengatakan kegiatan tahun ini adalah tahun kedua diselenggarakannya Lomba Gerak Jalan Unik, dan merupakan agenda tahunan.  Tentunya setiap tahun ada perubahan-perubahan baik, regulasi, jalur dan sebagainya setelah diadakan evaluasi setelah lomba. Selain Lomba ini masih banyak kegiatan-kegiatan lain,  rencananya tanggal 26 Agustus 2017 akan diselenggarakan karnaval dengan rute mengelilingi 12 Desa di  wilayah Sampung. (slh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *