Musrenbang 2017

Kantor Kecamatan Sampung menggelar Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2017  di Pendopo Kecamatan Sampung , Selasa 17 Pebruari 2017. Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPMD serta Kepala Dinas/Instansi se Kecamatan Sampung tersebut bertujuan untuk menentukan Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Tahun Anggaran 2018. Musrenbang merupakan forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang berjalan sesuai dengan tingkatannya. Tujuan diadakannya Musrenbang yaitu untuk menampung dan menetapkan kegiatan prioritas sesuai kebutuhan masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan yang sesuai dengan tingkatan dibawahnya serta menetapkan kegiatan yang dibiayai melalui APBD maupun sumber pendanaan lainnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan dari Camat Sampung Drs.H. Fadhlal,M.Si yang menyampaikan beberapa hal terkait kondisi wilayah sampung saat ini, mulai dari kondisi jalan yang sangat mendesak untuk diperbaiki, potensi-potensi wisata yang perlu mendapat perhatian dari kabupaten, gapoktan dari masing-masing desa yang juga perlu mendapat perhatian, dan hal-hal lain terkait peningkatan ekonomi masyarakat Kecamatan Sampung pada umumnya. Selanjutnya paparan dari perwakilan Anggota DPRD Ponorogo Dapil VI yang diwakili oleh Drs.Budi Purnomo yang menyampaikan beberapa hal terkait tupoksi Anggota Dewan dalam hal Musrenbang adalah sebagai pengawas. Selain itu beliau juga menyampaikan beberapa hal terkait kondisi Kecamatan Sampung, contohnya Camat Sampung belum memiliki Rumah Dinas sehingga dampak sosial kemasyarakatannya akan sangat berpengaruh. Kemudian jalan-jalan hampir di seluruh wilayah Kecamatan Sampung sangat memprihatinkan sehingga bagaimana upaya yang terbaik misalnya dengan meningkatkan kelas/kualitas jalan yang ada, dikarenakan yang lewat di wilayah Sampung adalah kendaraan dengan tonase yang tinggi.

Selanjutnya paparan dari Ketua Tim Kabupaten yang hadir yaitu HM. BASUKI SISWANTO, SH., MM dari Bappeda Litbang Kab Ponorogo yang menyampaikan Kegiatan-kegiatan utamanya infrastruktur yang didanai/dikerjakan pada tahun ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan agenda penajaman prioritas usulan musrenbang yang dipandu oleh Sekretaris Kecamatan Sampung Hadi Rustiyono, S.STP, MM. Dalam agenda ini diisi dengan tanya jawab dari peserta musrenbang kepada Nara Sumber yang hadir diantaranya dari Bappeda, Dinas PU dan PR, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Dinas Perdagkum yang kemudian diakhiri dengan pembacaan Prioritas Usulan dari masing-masing Desa dan Dinas/Instansi di Kecamatan Sampung. Kemudian disepakati bahwa Usulan Prioritas Tersebut akan dibawa oleh Tim Kecamatan untuk dikawal dalam Musrenbang Kabupaten Ponorogo. (slh)