Peran Tokoh Masyarakat dalam Penyelamatan Lingkungan Dan Kewaspadaan Menghadapi Bencana

Pada hari Rabu tanggal 24 Oktober 2018 di Balai Desa Sampung diselenggarakan sosialisasi tentang penyelamatan lingkungan dan kewaspadaan menghadapi bencana. Kegiatan ini diikuti oleh tokoh masyarakat  dan jua perangkat desa Sampung, kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya dan kepedulian Pemerintah Desa Sampung kepada  masyarakat  agar masyarakat memahami betapa pentingnya penyelamatan lingkungan dan juga  memahami tentang kondisi apabila menghadapi suatu bencana. Antara Lingkungan hidup dan Bencana merupakan dua sis yang berbeda tetapi memiliki korelasi artinya  salah satu penyebab bencana tentu juga karena kita tidak memahami betapa pentingnya  mengamankan lingkungan hidup dari kerusakan, dan kerusakan lingkungan hidup biasa terjadi juga karena ulah manusia, baik keruakan itu dilakukan secara parsial maupun dilaksanakan secara sistemik.

Dalam acara tersebut terdapat tiga nara sumber, yang pertama dari Kepolisian  kemudian yang kedua dari  Komandan Rayon Militer  Kecamatan Sampung dan yang ketika dari Camat Sampung. Tiga Narasumber secara bergantian para menyampaikan materi kepada para peserta. Pihak kepolisian memberikan arahan agar para peserta sosialsiasi ikut bersama -sama menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masing-masing dan sedapat mungkin para peserta ini dapat menjadi mediator bila terjadi kesalah fahaman diantara wargasehingga terhindar bentrokan masalah yang ujungnya merugikan. Begitu pula masyarakat agar juga memahami tentang bagaimanaara bila terjadi sebuah bencana apakah itu bencana gempa atau banjir  dan kebakaran.

Sementara itu Camat Sampung Drs.H.Fadhlal,M.Si memberikan pengarahan kepada peserta  sosialisasi  yang diawali dengan menjelaskan dua tugas pokok manusia  yang berada di muka bumi ini, pertama sebagai hamba Allah manusia diciptakan untuk berbhakti dan mengabdi kepada Allah yang Maha Kuasa, dengan mengabdi kepada Allah melalui melaksanakan kewajiban selaku hamba insya Allah kita akan terhindar dari bencana. Selanjutnya selaku manusia diciptakan oleh Allah sebagai khalifah atau pemimpin di muka bumi ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyelamatkan lingkungan baik yang ada di dialam bumi dimuka bumi dilautan dan juga diudara, menjadi kewajiban kita untuk memelihara agar kita terhindar dari bencana. Memelihara lingkungan tentu sesuai dengan profesi masing-masing, bagi aparatur baik sipil maupun militer bagaimana dengan kekuasaan yang diamanatkan kepada mereka untuk ikut menyelematkan lingkungan agar kita terhindar dari bendana.

Sedangkan bagi masyarakat, sesuai dengan profesi masing-masing dapat melangkah dan bertindak untuk menyelamatkan lingkungan, misalkan bagi kita yang memiliki ladang agar menyisihkan sebagaian ladangnya dipersembahkan untuk penyelamatan lingkungan misalkan  merelakan sebagian ladangnya untuk ditanami tanaman  pohon yang dapat menyelamatkan air sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama akan bermunculan mata air yang menjadi sumber kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *