MUSYAWARAH ANTAR DESA “SOSIALISASI PROGRAM INOVASI DESA KEC.SAMPUNG”

Senin Tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Pendopo Kecamatan Sampung,Kabupaten Ponorogo.Telah diadakan Sosialisasi program Inovasi Desa.Dasar Pelaksanaan Sosialisasi ;1. Keputusan Menteri Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No.48 Tahun 2018 tentang Pedoman Umum Proram Inovasi Desa.2. Keputusan    Dirjen PPM No. 36 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis PID.3. Surat Dirjen tertanggal 29 Juni 2018,Hal: Pelaksanaan PID TA 2018.

Sambutan dari Bapak  Camat  Sampung Drs. H.FADHLAL,M.Si memberikan ucapan Selamat datang Kepada Bapak Pendamping Inovasi Desa dari Kabupaten   atas nama Warga Kecamatan Sampung,Kabupaten Ponorogo.Program ini  Tahun 2017 sudah ada,team Kabupaten Sudah memfasilitasi,membentuk PID,mengadakan ,rapat ,membentuk Inovasi Desa seperti apa.Desa diharapkan membuat model,saat ini banyak Inovasi,ketika ada perayaan melihat bursa Inovasi datang untuk melihat,Inovasi apa yang cocok untuk Desa saya.

Ada 3 Hal yang berkaitan dengan Inovasi Desa

1.Pengembangan Ekonomi Lokal,Misal di Desa Pagerukir ada Tanaman gadung yang besar,bagaimana upaya -upaya dimasyarakat setempat yang ada di lokal kawasan.Disamping 12 Desa mereka punya semangat ,perlu bimbingan dari Kabupaten.Kita betul-betul punya keinginan dengan adanya DD bisa mengangkat Ekonomi Desa.

2.  Perimbangan S

umber Daya Manusia,Disamping Bekas Galian Gamping ,cuma Jadi Tontonan ,tapi di Jogja menjadi tempat wisata.Berkaitan dengan SDM ,Investasi di desa masing -masing adalah Pendidikan dan Kesehatan.

3.Insfrastruktur ,diharapkan punya dampak,bangunan ini bisa berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan ekonomi.

Sambutan Bapak SRI HARTONO selaku Pemdamping Inovasi Desa dari Kabupaten Ponorogo

Pemerintah meng

akui DD belum digunakan secara efektif,PID merupakan suplemen untuk peningkatn Dana  Desa.Karena PID hanya ada diKecamatan maka perlu ada MAD.Tugas PID mendampingi Desa desa sewilayah Kec.Sampung untuk bisa memunculkan Inovasi .Pelaku PID Kepala Desa,BPD dan PLD(Pendamping Lokal Desa).Pelaku di Kecamatan ,Camat,PIDdan Pendamping Desa.Dikabupaten ,Bupati,Dinas PMD,Team PID,tenaga ahli pendamping di Kab.

Tahapan MAD I,Sosialisasi apa itu PID

Tahapan MAD II,melaporkan kegiatan PID

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *