Umroh bersama 1000 Kyai Kampung

Pada tahun anggaran 2018 Pemerintah  Kabupaten Ponorogo terdapat satu progam kegiatan yang sangat populis dan senada dengan Visi Bupati  Drs. H Ipong Muchlissoni  PONOROGO BERBENAH MENUJU PONOROGO YANG LEBIH MAJU, BERBUDAYA DAN RELIGIUS, utamanya mewujudkan masyarakat Ponorogo yang lebih relegius, yakni kegiatan Umroh bersama 1000 Kyai kampung, dimana tahun ini diperkirakan terdapat 171 Calon Peserta Umroh  yang dapat berkesempatan melaksanakan umroh dengan dukungan dari dana APBD Tahun 2018. Mengingat kegiatan ini baru pertama di Kabupaten Ponorogo, dan juga pertama di Jawa Timur, maka diperlukan persiapan yang matang tentang kriteria para calon peserta dan di persiapkan siapa sebagai penyelenggara atau pelaksana kegiatan.

Suatu kebanggaan bagi umat muslim yang dapat melaksanakan ibadah haji karena merupakan salah satu rukun yang harus dipenuhi oleh umat muslim, se kaya apapun kalo tidak memiliki kesadaran dan tanggung jawab bahwa melaksanakan ibadah haji adalah kewajiban, ternyata tidak sedikit umat muslim yang  belum mendaftarkan diri calon peserta haji dengan berbagai alasan. Begitu juga dari sisi keimanan  secara faktual mereka juga tidak disanksikan tetapi  dari sisi ekonomi memang tidak mampu untuk daftar haji atau melaksanakan umroh. Inilah yang melatar belakangi Bupati Ponorogo  menetapkan program Umroh bareng dengan 1000 kyai Kampung.

Sampai hari ini Panitia seleksi sudah berusaha untuk memperoleh calon peserta umroh yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pantia Seleksi, dan  kerja keras serta kerja pintar Panitia seleksi semoga memberikan kontribusi kepada Kyai Kampung dan Marbot untuk terus peduli terhadap pengembangan agama Islam di desanya masing-masing dengan tetap memperhatikan  sosiokultural di masing-masing desa. Semoga pula pada tahun 2019 yang akan datang dan tahun – tahun berikutnya, program ini tetap jalan dan semakin bagus dalam proses  rekruitmen maupun proses penyelenggaraannya.(anifa)