Pembinaan TP PKK Desa Wujud Kepedulian TP PKK Kabupaten Ponorogo

Dalam rangka terwujudkan Team Penggerak PKK  yang tertib administrasi  dan penataan kader yang berkelanjutan, maka pada hari ini Rabu  26 Juli 2018 di Desa Karangwaluh Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo  diselenggarakan Pembinaan TP PKK Desa oleh Team Penggerak  PKK Kabupaten Ponorogo. Hadir Dalam kegiatan tersebut Ketua Harian TP PKK Kabupaten Ponorogo  Ibu Tantri Agus Pramono (Istri Sekretaris Daerah) beserta anggota team pembina dari Kabupaten Ponorog, juga hadir Ketua Team Penggerak PKK  Kecamatan Saampung beserta anggota Team. Begitu pula hadir Ketua Team Penggerak PKK Desa se Kecamatan Sampung sebanyak 12 orang  yang nantinya akan mendapatkan Pengarahan tersendirioleh Ibu Ketua Team Pembina dari Kabupaten. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahun Team Penggerak PKK Kabupaten yang dilaksanakan secara periodik dan terjadwal dari Kecamatan satu ke kecamatan yang lain sejumlah 21 Kecamatan.

Sebelum pembinaan dilaksanakan, maka diawali dengan penyambutan penerimaan dari Tim Penggerak PKK Desa, dengan mengumandangkan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars PKK  yang diikuti oleh seluruh peserta pembinaan, selanjutnya sambutan selamat datang dari Ketua Team Penggerak PKK Desa Karangwaluh dan Gelangkulon dan selanjutnya ketua Team Pembina dari TP PKK Kabupaten akan memberikan sambutan sekaligus pengarahan tunggal kepada para undangan. Banyak yang disampaikan oleh Ketua Team Pembina  utamanya agar Tim Penggerak PKK di Desa saat ini terus bebenah untuk mengejar ketinggalan dengan lembaga organisasi kemasyarakatan yang lain, mengingat TP PKK sebagai organisasi yang semi plat merah ini  harus tampil lebih agresive elegan dan terprogram dengan baik, mengingat saat ini desa melalui APBDes nya dapat mengalokasikan anggaran untuk kepentingan Organisasi TP PKK Desa guna mendukung program dan kegiatan Pemerintahan desa.

Sesuatu yang harus mendapatkan perhatian bagi desa Karangwaluh dan Gelangkulon bahwa setelah pembinaan ini selesai dan dipandang sudah memenuhi kriteria , maka akan diikutisertakan dalam lomba 10 Program Pokok PKK pada tahun ini pula, untuk itu agar kepada Ketua Tim Penggerak PKK Desa Karangwaluh dan Gelangkulon menjadi penggerak  kepada pengurus dan anggota PKK di desa masing – masing dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki baik sumberdaya organisasi maupun sumberdaya yang berbasis lokal agar kedepan dua desa tersebut betul -betul ada peningkatan dalam berorganisasi dan memberikan manfaat bagi organisasi dan masyarakat di masing-masing desa.

Setelah Upacara penyambutan selesai, maka team pembina dari TP PKK Kabupaten  sesuai dengan bidang dan Kelompok Kerja, mereka memberikan pembinaan kepda  masing-masing Pokja dengan materi pembinaan disesuaikan dengan  program dan kegiatan kelompok kerja masing – masing. Secara umum pembinaan ini dijadikan lima kelompok kecil yang terdiri dari :

  1. Ketua Team Penggerak PKK desa se Kecamatan sampung dan  kelompok dasa wisma   mendapatkan pembinaan langsung dari ketua team pembina dengan inti pembinaan mengarah kepada kepemimpinan, dengan suatu harapan agar Ibu ibu Ketua TP PKK dapat meningkatkan kapasitas kepemimpinannya;
  2. POKJA I (Kelompok Kerja I) yang pebinaannya ditekankan pada  Pengamalan Pancasila utamanya dalam  meningkatkan kualitas keagamaan dengan memperhatikan keberagaman masyarakat , sehingga dapat terwujud kerukunan umat beragama serta menumbuhkan semangat gotongroyong;
  3. POKJA II (Kelompok Kerja II) pembinaan diorientasikan kepada pembinaan bidang Koperasi dan BKB) utamanya bagaimana UP2K dapat bersaing ditengah munculnya berbagai lembaga keuangan non bank yang ada di Desa, baik lembaga tersebut lembaga mandiri atau ada hubungannya dengan Tim Penggerak PKK Desa
  4. POKJA III  ( Kelompok Kerja III ) pembinaan diarahkan kepada pemanfaatan lingukungan untuk peningkatan ekonomi keluarga serta berbagai program pelatihan pemberdayaan masyarakat dengan menedepankan kearifanlokal  yang nantinya akan menjadi embrio lahirnya UKM UKM baru yang handal
  5. POKJA IV ( Kelompok Kerja IV) pembinaan diarahkan kepada  peran PKK dalam mendukung Program Kesehatan, baik kesehatan masyarakat maupun kesehatan lingkungan)

Semoga dengan Pembinaan ini ada dua manfaat yang dapat diperoleh, pertama untuk yang dibina akan semakin semangat untuk mengabdi, dan kepada team pembinan Kabupaten akan lebih memahami kondisi organisasi di lapangan (anifa)