Penetapan Calon Kepala Desa Pada Pilkades 2018 di Kec Sampung

Pada hari Minggu tanggal 15 Juli 2018 dan hari Senin tanggal 16 Juli 2018  bertempat di Balai Desa Pagerukir, Balai Desa Carangrejo dan Balai Desa Ringin Putih Kecamatan Sampung telah diselenggarakan Penetapan Daftar Pemilih tetap yang bersumber dari Daftar Pemilih Sementara di masing-masing desa yang akan menyelenggarakan Pilkades pada tanggal 31 Juli 2018. Daftar Pemilih Tetap merupakan acuan bagi Panitia Pemilihan untuk mengetahui berapa jumlah pada pemilihan Kepala Desa, dan melalui DPT ini juga dapat dilihat berapa jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya dan berapa yang tidak hadir pada pelaksanaan pemungutan suara.

Adapun jumlah pemilih yang telah ditetapkan pada masing-masing desa adalah sebagai berikut; Desa Pagerukir jumlah DPT adalah 1697 Orang, Desa Carangrejo  DPT berjumlah 4040 Orang, sedangkan untuk desa Ringinputih sebanyak 2649 Orang. Dengan ditetapkannya daftar Pemilih Tetap pada Pilkades  2018 di tiga desa tersebut, maka sudah tidak boleh lagi ada tambahan pemilih, hal ini perlu dipahami oleh semua pihak, baik para Calon Kepala Desa, Kader dan juga Panitia Penyelenggara. Sehubungan hal tersebut, bagi Calon Kepala Desa berkewajiban untuk menginformasikan kepada para Kader, jangan sampai kurang memahami akan aturan main sehingga menimbulkan persoalan dalam perjalanan Pemilihan Kepala Desa.

Selanjutnya pada hari Senin Tanggal 16 Juli 2018  secara berurutan mulai dari Desa Pagerukir, Desa Carangrejo dan berakhir di Desa Ringinputih, diselenggarakan pengundian nomor urut Calon Kepala Desa. Keggiatan berlangsung aman dan terkendali dan dihadiri oleh Camat Sampung, Komandan Rayon Militer Kecamatan Sampung dan Wakapolsek Kecamatan Sampung. Camat Sampung Drs. Fadhlal,M.Si dalam pengarahannya memberikan arahan yang ditujukan kepada Panitia Penyelenggara dan Para Calon serta para pendukung Calon. Adapun arahan Camat adalah sebagai berikut :

  1. Pilkades yang saat ini sudah berjalan pentahapan sampai dengan penentuan  Undian Nomor Urut Calon, dan akan terus bergulir sampai dengan hari pemungutan suara dan diakhiri dengan pelantikan Kepala Desa Terpilih, tentu ini merupakan tanggung jawab kita semua untuk dapatnya tercipta kondisi yang aman tentram dan damai dilingkungan masing – masing. Sehubungan dengan hal tersebut, kepada para Calon Kepala Desa agar menjadi Pelopor untuk terwujudnya desa yang aman dan Kondusive;
  2. Pilkades adalah proses demokrasi yang tumbuh berkembang di desa, maka menjadi tugas kita semua untuk mengawal jalannya demokrasi jangan sampai dicidrai oleh kepentingan kelompok dan juga kepentingan sesaat, ingat Kepala Desa merupakan figur pimpinan di desa yang digugu dan ditiru, dan masyarakat akan menggantungkan nasibnya kepada Kepala Desa, begitu juga desa itu 6 tahun kedepan akan dibawa kemana itu juga sangat bergantung kepada Kepala Desa, maka tugas kita semua agar jangan sampai terjadi  Pilkades di Wilayah Kecamatan Sampung dipermainkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab yang berorientasi kepada materi ( botoh)
  3. Para Calon Kepala Desa agar membangun kemitraan dengan semua pihak, dan jika ditemui persoalan agar dapat diselensaikan secara musyawarah mufakat serta mengindahkan semangat kekeluargaan, dengan demikian akan terhindar komunikasi yang salah, tetapi justru akan terwujud komunikasi yang nyaman. Ingat  bahwa semua Pemilihan  pasti akan ada yang menang dan juga ada yang kalah. Untuk itu kepada para Calon agar nantinya diagendakan penandatanganan berita acara tentang siap kalah dan siap menang. Artinya bagi yang menang jangan melupakan yang kalah, justru harus direngkuh dan bagi yang belum beruntung agar  lego legowo untuk menerima kenyataan.

Kegiatan  Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa di tiga desa tersebut  dimulai jam 09.00 di desa Pagerukir dan  diakhir di desa Ringinputih  pada pukul 13.30. Semoga pemilihan Kepala Desa di wilkayah Kecamatan Sampung dapat berjalan dengan lancar tanpa ada  gangguan apapun (anifa)