Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa se Kec Sampung

Dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa sebagai pemegang amanat untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pelayanan masyarakat, maka pada tanggal 7 sd 9 Mei 2018 telah dilaksanakan  Bimbingan teknis bagi Aparatur Pemerintah Desa yang diikuti oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa Bendahara desa se Kacamatan Sampung bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan  dan Konsultasi Desa ” Esa Cipta Sejahtera  ” berkantor di Surabaya. Ada tiga materi yang diberikan pada kegiatan di dalam kelas, meliputi Penata Usahaan dan Pelaporan; Pengelolaan Keuangan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara  ” Bapak Surono ” sekaligus sebagai Ketua Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kecamatan Sampung bahwa Kegiatan tersebut disamping sebagai upaya meningkatkan kemampuan aparatur Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan mupai dari perencanaan sampai dengan pelaporan, juga meningkatkan kualitas team, maka kegiatan tidak hanya difokuskan di dalam kelas tetapi juga diselenggarakan di luar kelas atau biasa disebut Outbound (kegiatan dialam terbuka). Peserta Pelatihan sejumlah 45 Orang terdiri dari unsur Kepala desa, Sekretaris desa, Bendahara Desa dan Operator Kompoter.

Drs. H.Fadhlal,M.Si  selaku  Camat Sampung dalam sambutan pembukaan, menaruh harapan yang besar kepada para peserta bimtek, mengingat penyelenggaraan Pemerintahan desa di wilayah Kecamatan Sampung akan semakin baik manakala peran dari bapak dan ibu sebagai aparatur pemerintah desa  memiliki kemampuan dan ketrampilan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, tentu memiliki kemampuan dan ketrampilan tidaklah cukup, melainkan perlu ada keinginan dan kemauan dari dalam hati masing-masing aparatur, serta dukungan yang kuat dari Kepala Desa, Ketua BPD dan tokoh masyarakat  dalam melaksanakan program yang telah direncanakan, utamanya program yang telah menjadi Dokumen Perencanaan desa yang tertuang dalam RPJMDes  berlaku untuk 6 Tahun dan akan terus diperbaharui pada setiap tahun anggaran. Untuk itu kita semua sebagai peserta bimtek ini agar betul betul memanfaatkan waktu dan memperhatikan tmatererhadap nara sumber yang memberikan materi pembelajaran.

Berdasarkan pengamatan dari penangggung  jawab kegiatan, dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan mulai pagi pukul 08.00 dan berakhir pukul 17.00, mayoritas peserta mengikuti kegiatan dengan seksama, tentu ini sesuatu yang harus disyukuri

karena diusia yang sudah tidak muda lagi, ternyata para peserta masih antusias mengikuti kegiatan, terlebih ketika pendalaman materi  melalui pembentukan kelompok  dan masing-masing kelompok mengerjakan beberapa tugas dari panitia, ternyata mereka juga memiliki daya serap yang lumayan artinya ketika mereka mendapatkan tugas kelompok dengan pendalaman manteri yang diberikan sebelumnya, secara umum dapat menyelesaikan dengan baik, walaupun masih perlu juga untuk diadakan revisi oleh narasumber.

Satuhal yang menarik, ketika kegiatan Outbound, kegiatan yang penuh dengan canda ria tetapi mengarah pada upaya peningkatan kekompakan team, maka para peserta melebur jadi satu tanpa melihat latar belakang mereka, artinya semuanya memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa memandang jabatan mereka masing – masing, inilah pentingnya memotivasi kelompok kerja  melalui kegiatan dialam terbuka yang secara umum memang tidak dapat direkayasa. (anifa)