UMKM Desa Glinggang Siap Dukung Pengembangan Ekonomi Desa Glinggang

Pengembangan Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan bentuk Komitmen Pemerintah untuk peduli kepada pengusaha kecil yang secara nyata pengusaha kecil lebih mampu berttahan ketika dihantam badai krisis utamanya krisis moneter dunia yang sempat meluluh lantahkan konglomerat di negeri ini. Luluh Lantahnyan konglomerat ternyata negara yang ikut nanggung  terbukti mereka mendapatkan suntikan dana dari Bank Indonesia  tetapi juga tidak mampu terselamatkan, bahkan semakin berguguran bagaikan  bunga berjatuhan di musim gugur. UMKM lain persoalan ketika krisis dan badai resesi ekonomi menghantam pengusaha besar, mereka justru bangkit seakan mendapatkan energi yang tak ternilai.

Untuk itu tepat bagi desa Glinggang memprioritaskan pengembangan ekonomi pedesaan dengan menempatkan UMKM sebagai pilar utama pengembangan ekonomi di desa Glinggang, berbagai kebijakan ditempuh oleh Pemerintah Desa dengan memberikan pemahaman kepada warga desa glinggang melalui semboyan Dari Glinggang Bela Glinggang untuk Glinggang ternyata mampu menghipnotis masayarakat untuk  bertahan berada di desa dan mengembangkan potensi yang dimiliki untuk pengembangan ekonomi pedesaan.

berbagai jenis usaha rumahan telah dikembangkan baik yang murni tradisional maupun yang didukung oleh tehnologi,  tradisional didukung tehnologi adalah Nasi Pecel dijual dengan sistem OnLine siap antar, tentu ini terobosan yang luar biasa dan mampu mendongkrak nama Glinggang di Kabupaten Ponorogo. Dan yang tidak kalah menariknya adalah kejelian Kepala Desa Glinggang membidik pasar dikaitkan dengan kemampuan masyarakat, mereka yang bertani diberi kesempatan mengembangkan pertanian, yang punya bakat wirausaha konveksi juga di beri kesempatan untuk mengembangkan usahanya, yang memiiki kemampuan  ketrampilan membuat sovenir juga diberi kesempatan sehingga berkembang industri rumahan pembuat pipo rokok yang terbuat dari kayu galih asem

Sesuai dengan /visi Kepala Desa, maka bidang pertanian terus dikebut untuk bisa tumbuh berkembang dan mampu menopang perekonomian di Desa Glinggang, rintisan telah terbentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dengan membuka berbagai jenis usaha baik penyedia layanan kebutuhan masyarakat seperti  Simpan PInjam, Penyedia barang kebutuhan Pokok Rumah Tangga serta jenis usaha kreatif lainnya. Sukses buat desa Glinggang (anifa)