Tulung Organik Festival

Pada hari Sabtu tanggal 07 April 2018, Gabungan Kelompok Tani Agung Mulyo yang didalamnya terdapat 12 Kelompok Tani menggelar  acara metik dengan  sebuah paket ” Tulung  Organik Festival ” sebuah nama yang memberikan kesan  megah untuk ukuran desa. Hadir dalam kegiatan tersebut  Pimpinan Cabang Bank INdonesia di Kediri, Anggota DPR RI  H Ibnu Multajam yang merupakan putra daerah (asli Tulung) Forum pImpinan Kecamatan Sampung tokoh masyarakat  dan juga pendamping dari UNIDA Gontor Ponorogo. Kegiatan yang sederhana tetapi dikemas secara apik sehingga  mengundang warga untuk ikut hadir dan menyaksikan kegiatan tersebut memiliki kegiatan hiburan

Camat Sampung dalam sambutannya  menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani  ” Agung Mulyo ”  pantas kita apresiasi dan perlu kita dukung untuk pengembangan ke depan, artinya  Gabungan Kelopok tani  yang telah mengikrarkan untuk  pengembangan pertanian organik  yang secara nyata telah dilaksanakan di desa Tulung Sampung walaupun belum 100 % murni organik, tetapi setidaknya sudah ada upaya untuk mengingkatkan kwalitas dan kwantitas pertanian mereka, terlebih tahun 2019  Kabupaten Ponorogo  mencanangkan untuk membudidayakan pertanian organik. Selanjutnya Festival ini merupakan bentuk promosi kepada kalayak ramai atau kepada publik tentang keberadaan sebuah komunitas, untuk itu saya berharap agar kegiatan metik yang dikemas dengan  Tulung Organik Festival ini dapat berlangsung secara rutin tiap tahun dan semakin tahun semakin cantik dan terkoordinasi dengan baik, utamanya dalam kemasan wisatanya.

Kegiatan Organik Festival di desa Tulung tersebut, dimulai dengan arak -arakan yang diikuti oleh para petani yang ada di desa Tulung serta lembaga-lembaga pendidikan yang ada di tulung untuk memberikan kontribusi berupa  pasukan Drum Band dari SMP Negeri 1 Sampung dan beberapa  hiburan yang mengiringi jalannya prosesi metik dari Kantor Desa menuju pematang sawah di selatan desa. Suasana tambah meriah ketika  tumpeng yang telah disiapkan sebelumnya juga ikut di arak menuju pematang sawah, begitu juga  gunungan padi menguning juga ditata rapi mengiringi rombongan menuju lokasi metik. Semoga kedepan semakin mantap (anifa)