Dari Glinggang Bela Glinggang Untuk Glinggang

Tak terasa waktu terus berjalan, walau hati tetap wawas wawas dan degdegan menanti datangnya waktu presentasi dari Desa Glinggang untuk ikut andil dalam perlombaan desa tingkat Kabupaten Ponorogo, dan pada hari Selasa tanggal 10 April 2018 mulai dari Pukul 11.00 sd. 12.00 bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Perlombaan Desa tahun 2018 ini diikuti oleh 19 Kecamatan dari 21 Kecamatan yang ada, tentu semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo telah mempersiapkan masing-masing desa unggulannya untuk diikutsertakan dalam Perlombaan Desa. Kecamatan Sampung sesuai dengan hasil Perlombaan Desa Tingkat Kecamatan Sampung maka yang mewakili untuk mengikuti perlombaan tingkat Kabupaten Ponorogo adalah Desa Glinggang.

Keikutsertaan desa Glinggang dalam perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Ponorogo Tahun 2018 bukan tidak ada alasan, bahkan ada beberapa alasan kenapa tahun ini yang mewakili perlombaan desa tingkat Kabupaten  Ponorogo utusan dari Kecamatan Sampung adalah sebagai berikut:

  1. Desa Glinggang dalam kurun 2 tahun terakhir ini mengalami lompatan perkembangan yang luar biasa, baik dalam hal pemberdayaan masyarakat maupun pembangunan fisik di Desa Glinggang, secara fisik hampir semua jalan yang ada di Desa Glinggang 99 % sudah di aspal, Kantor Desa, Balai Desa dan sarana prasarana penunjang pelaksanaan Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan cukup menggembirakan;
  2. Sesuai dengan Prioritas Pembangunan Pemerintah Kabupaten Ponorogo pada Tahun 2019 menitikberatkan pada sertor wisata utamanya pengembangan desa wisata. Warga Desa Glinggang sadar bahwa Glinggang tidak memiliki destinasi wisata Alam, olehkarenanya masyarakat Glinggang  mencanangkan sebagai Destinasi Wisata Budaya. Untuk mewujudkan desa wisata berbasis Wisata Budaya, maka desa Glinggang  setidaknya mengangkat budaya lokal  berupa dua hal yang mendasar yakni ” Budaya Metik ” dan  ” Gejug Lesung “.
  3. Untuk memperkuat keingingan sebagaimanraan  tersebut pada poin satu dan dua, maka Pemerintah Desa Glinggang membangun kemitraan dengan ISI Surakarta, dimana ISI Surakarta memiliki komitmen untuk mendukung dan memfasilitasi agar desa Glinggang kedepan dapat  tumbuh dan berkembang sebagai desa wisata.

Berdasarkan tiga hal tersebut Desa Glinggang dan segenap komponen masyarakat serta mendapat dukungan dari Forum Pimpinan Kecamatan serta seluruh Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Sampung, optimis dapat bersaing dengan desa-desa lain yang ikut perlombaan desa tingkat Kabupaten Ponorogo, bahkan kita semua berharap agar Desa Glinggang mampu mewakili Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk mengikuti Perlombaan desa tingkat Provisin Jawa Timur bahkan tingkat Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *