Sodong sebagai Destinasi Wisata Buah di Kecamatan Sampung

Pada hari Kamis Tanggal 21 Desember  2017 bertempat di RT 01 RW I Dukuh Sodong Desa Kelangkulon Kecamatan Sampung diselenggarakan Pencanangan Dukuh Sodong sebagai Destinasi Wisata Buah di Kecamatan Sampung. Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sampung Drs.H.Fadhlal,M.Si, Wakapolsek Sampung dan segenap Jajaran, Babinsa Desa Gelang Kulon dan beberapa anggota Koramil Sampung , Mantri Hutan  wilayah Badegan dan Sampung, Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua BPD dan anggota.
Kegiatan ini diawali oleh adanya kepedulian Ibu-Ibu di lingkungan RT 01 RW I Dukuh Soodong pada tahun 2009 berkeinginan menbentuk kelompok peduli lingkungan dengan menitik beratkan pada kegiatan giat lingkungan utamanya memanfaatkan pekarangan untuk mendukung program penghijauan dalam rangka penyelamatan lingkungan hidup.
Gayung bersambut antara Pemerintah Desa Gelangkulon ” Bapak Surono ” selaku Kepala Desa yang memang sangat peduli terhadap keinginan warganya tanpa membeda – bedakan latar belakang dan juga faham yang mereka anut, beliau pada saat memberikan sambutan menyatakan bahwa kegiatan ini terjadi melalui proses diawali dengan berdirinya kelompok peduli lingkungan yang mendapatkan sambutan dari semua warga di lingkungan RT 01 RW I dukuh  Sodong, dan kesempatan itu semakin mantap untuk memanfaatkan komunitas peduli lingkungan ini setelah Bapak Mantri Hutan yang bertanggung jawab atas kelestarian kawasan hutan di Sampung selatan dan Badegan  memberikan dukungan penuh kepada kelompok peduli lingkungan tersebut.
Bapak Surono selaku Kepala Desa juga mengapresiasi atas keinginan warga RT01 RW I  dukuh Sodong untuk melestarikan hutan, sehingga pada tahun anggaran 2017 di APBDes Desa Gelang telah diaggarkan dana untuk pengadaan bibit buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan sesuai dengan kondisi dan struktur tanah di wilayah Sodong. Pak Kades berharap kepada masyarakat Sodong secara keseluruhan diharapkan tidak meri kepada lingkungan RT 01 RW I  yang tahun ini mendapatkan Bantuan bibit buah sebanyak 200 bibit, dan tahun tahun berikutnya akan mendapatkan bantuan yang sama kepada  rt yang lain.
Selanjutnya  Drs.H Fadhlal,M.Si selaku Camat Sampung dalam pengarahannya menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada masyarakat RT01 RW I dukuh sodong yang sudah punya inisiatif untuk peduli lingkungan, dan kepada semua pihak yang ikut memberikan dukungan juga mendapatkan apresiasi dari Camat Sampung, terlebih kepala Kepala Desa yang memiliki pandangan dan wawasan jauh ke depan untuk menjadikan Dukuh sodong sebagai Destinasi Wisata buah di Kecamatan Sampung. Tujuan dan Harapan Pak Kades juga merupakan tujuan dan harapan kita bersama, untuk itu mari kita dukung program ini, kepada anggota BPD yang mewakil Dukuh Sodong agar terus mengawal program ini utamanya dalam perencanaan kedepan sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama dapat terwujud.
Setelah kegiatan upacara selesai, maka seluruh undangan bersama-sama melaksanakanan penanaman bibit buah antara lain buah Nangka Madu -Klengkeng, Jambu Air dan beberapa jenis buah yang cocok dengan kondisi dan struktur tanah. Begitu juga undangan menyempatkan diri untuk menikmati indahnya hutan di sekitar dukuh sodong, dan tentu menjadi  destinasi wisata yang menjanjikan bila kedepan hutan disekitar  sodong semakin hijau dan banyak buah yang dtumbuh selanjutnya para pengunjung dipersilahkan memetik sendiri buah yang akan dinikmati, semoga mimpi ini segera menjadi nyata (anifa)