Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Pemerintah Desa se Kec Sampung

Bertempat di Hotel River Hill tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Pemerintah desa se Kecamatan Sampung menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Pemerintahan Desa se-Kecamatan Sampung, senin – selasa, 24 s/d 25 Juli 2017. Kegiatan ini mengambil tema mewujudkan pemerintah desa yang berkualitas, bersih, dan akuntable.

Acara dimulai pada pukul 15.30 WIB dengan terlebih dahulu menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan Laporan Ketua Panitia  yang juga Kepala Desa Gelangkulon Surono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen Pemerintah Desa se Kecamatan Sampung dalam meningkatkan SDM aparaturnya baik dari perangkat maupun BPD, sehingga kedepan Desa lebih siap dalam pelaksanaan pemerintahan desa dan dalam melayani masyarakat dapat lebih maksimal.   Acara pelatihan dibuka secara resmi oleh Camat Sampung  Drs. H. Fadhlal, MSi pada pukul 15.00 WIB. Camat Sampung dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dengan seksama sehingga akan banyak pelajaran-pelajaran yang dapat diambil sehingga apa yang menjadi tujuan awal kegiatan ini dapat tercapai. Kemudian acara pembukaan ditutup dengan Doa.

Pada sesi materi pertama, Camat Sampung menjadi pemateri pertama. Beliau mengupas tuntas tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Setidaknya ada 3 materi tentang BPD yaitu Kedudukan BPD menurut UU No 6 Tahun 2014, Pelaksanaan Musyawarah Desa oleh BPD berdasarkan Permendes No 2 Tahun 2015, dan Peran BPD menurut Permendagri 110 Tahun 2016. Sesi pertama berakhir Pukul 17.45 WIB, kemudian istirahat untuk Sholat Magrib dan makan malam. Sesi kedua dimulai pukul 19.00 WIB dengan pemateri Danramil Sampung Kapten Iskandar. Beliau menyampaikan tentang pentingnya keamanan dan ketertiban di Desa dalam menyikapi kondisi Bangsa dan Negara saat ini.

Sesi ketiga dimulai pukul 20.15 dengan pemateri Sekretaris Camat Sampung Hadi Rustiyono, S.STP.,MM yang menyampaikan Peran BPD dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Dalam paparannya beliau menyampaikan pentingnya peran BPD dalam pengelolaan keuangan desa, karena BPD merupakan wakil dari masyarakat, yang mana aspirasi masyarakat masuk melalui BPD. Sesi terakhir dimulai pukul 21.15 dengan pemateri Pendamping Desa Kecamatan Sampung M.Mas’ud. Pada sesi ini diadakan penajaman tentang materi-materi yang sudah disampaikan sekaligus diskusi tentang permasalahan-permasalahan yang pernah dialami oleh peserta. Kegiatan hari pertama berakhir pada pukul 22.30 WIB.

Kegiatan hari kedua dimulai pada pukul 06.30 WIB yaitu dengan olah raga pagi di halaman hotel. Selanjutnya dilanjutkan dengan makan pagi di ruang makan hotel. Sebelumnya nampak peserta berjalan-jalan menikmati pemandangan sekitar hotel karena memang kebetulan pemandangan sekitar hotel sangat indah karena letaknya di lereng gunung. Waktu yang singkat setelah sholat subuh tak mereka sia-siakan. Bahkan beberapa peserta menyempatkan diri mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu yang letaknya tidak jauh dari hotel. Setelah sarapan pagi, para peserta menuju di Lapangan komplek hotel dengan memakai kaos olahraga untuk menerima materi tentang Team Building atau Membangun Tim atau biasa disebut Outbound oleh Pemateri dari Pihak Hotel. Materi ini dikemas sedemikian rupa agar menarik oleh tim pemateri sehingga peserta begitu bersemangat menikmati setiap momen didalamnya. Bahkan panas terik matahari pagi itu pun tak dirasakan oleh peserta. Peserta sangat antusias dengan kegiatan ini, terlihat dari senyum dan tawa lepas mereka, walaupun lelah dan panas namun semangat mereka berhasil dibangkitkan oleh pemateri. Kegiatan outbound ini berakhir pukul 11.45 WIB.

Kemudian ditempat yang sama pula diadakan penutupan kegiatan oleh Ketua Panitia Surono. Beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dari awal sampai akhir. Harapan beliau adalah BPD dan Kades beserta perangkatnya kompak seperti dalam outbound yang sudah dilaksanakan. Karena dengan kekompakanlah yang akan membuat Desa akan tambah Maju dan semoga apa yang telah diterima dari pelatihan ini bisa diterapkan dalam tugas sehari-hari. Tak lupa beliau menyampaikan permohonan maaf atas nama panitia apabila dalam pelaksanaan pelatihan ini ada kekurangan maupun kesalahan.  Selanjutnya peserta menikmati hidangan makan siang dan kemudian check out hotel untuk kembali ke rumah masing-masing. (slh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *