Aksi Penghijauan Ramaikan Lokasi Wisata Pohijo

Komunitas Pepulih Desa Pohijo bekerjasama dengan Pemerintah Desa Pohijo dan didukung Pemerintah Kecamatan Sampung beserta seluruh Dinas/Instansi se Kecamatan Sampung mengadakan kegiatan Penghijauan yang dipusatkan di lahan sekitar Air Terjun Midodaren Desa Pohijo Kec Sampung. Bibit tanaman didapatkan dari bantuan DAS Solo sebanyak 2000 batang, sumbangan dari Dinas/Instansi se Kecamatan Sampung termasuk sumbangan dari siswa/ siswi SMP dan SMA di wilayah Sampung.

Aksi yang dimulai sekitar pukul 08.30 tersebut didahului sambutan dari Camat Sampung Drs.H.Fadhlal, M.Si yang menyampaikan mendukung penuh kegiatan semacam ini dan menyampaikan terima kasih kepada Komunitas Pepulih yang mau menjadi pelopor kegiatan ini. Selain itu beliau juga berterima kasih kepada Dinas/Instansi se Kecamatan Sampung yang telah ikut serta menyumbangkan bibit tanaman dan juga tenaga. Selanjutnya ada beberapa sambutan diantaranya dari Kapolsek Sampung, Kepala SMA N 1 Sampung, dan terakhir ditutup dengan Doa dari Kepala KUA Kecamatan Sampung.

Nampak hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kab Ponorogo Dapil VI, Kepala Desa se Kec Sampung, Kepala Dinas/Instansi se Kec Sampung, bahkan SMA N 1 Sampung, SMP N 1 Sampung, SMP N 3 Sampung mengerahkan sejumlah siswa/siswinya untuk mengikuti kegiatan penghijauan ini. Setelah sambutan dilanjutkan penanaman bibit pohon dimulai dari Muspika Sampung, Kepala Desa Pohijo, Anggota DPRD, Kepala Dinas/Instansi dan selanjutnya diikuti oleh semua yang hadir untuk menanam bibit pohon di seluruh wilayah lahan sekitar Air Terjun Midodaren.

Kegiatan ini dimaksudkan supaya sumber air di wilayah tersebut dapat terjaga kelestariannya. Selain itu juga untuk mencegah tanah longsor dan banjir di wilayah sekitar. Nampak semua yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga sekitar 1,5 jam lamanya mereka berkeliling untuk menanam bibit-bibit tersebut. Anggota komunitas Pepulih juga sangat cekatan untuk mengarahkan lahan mana saja yang bisa untuk ditanami karena sehari sebelumnya mereka sudah membuat lubang-lubang untuk memudahkan para peserta penghijauan.

Setelah selesai kegiatan penghijauan, para peserta penghijauan disilahkan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan yang tersaji di lahan penghijauan tersebut. Sungguh luar biasa mereka sangat antusias karena sebelumnya tidak tahu bahwa di Desa Pohijo ternyata ada air terjun yang cukup menarik. Lelah yang mereka rasakan seketika hilang saat sampai di air terjun. Dan merekapun berjanji untuk menceritakan kepada semua teman dan keluarga mereka bahwa di Pohijo juga ada air terjun yang patut untuk dikunjungi. Dengan kegiatan seperti ini, Desa Pohijo akan semakin maju, ekonomi masyarakat juga bisa meningkat sehingga kesejahteraan juga semakin meningkat. (slh)